Pengertian Rumah Type 54 Beserta Denahnya

Rumah Tipe 54 – Rumah tipe 54 merupakan jenis rumah yang cukup banyak diminati oleh masyarakat karena tergolong tidak terlalu mahal sehingga cocok untuk mereka yang memiliki budget kecil dengan pekerjaan tetap seperti pegawai dan lain sebagianya. Meskipun murah namun rumah type 54 tetap nyaman untuk tempat tinggal bersama keluarga kecil dan yang paling penting bisa memiliki hunian yang bisa menjadi investasi di masa depan.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa rumah merupakan salah satu kebutuhan primer yang sebenarnya wajib dimiliki oleh semua orang, rumah tipe 54 misalnya karena harganya yang tidak begitu mahal namun setiap tahun pasti akan terus mengalami kenaikan apalagi kalau sampai Anda tidak cepat-cepat membeli maka lahan untuk membuat rumah juga semakin habis.

Berbicara soal rumah tipe 54 apakah Anda tahu apa arti dari angka tersebut? kalau belum tahu mari saya jelaskan pengertiannya. rumah tipe 54 itu berarti rumah tersebut memiliki luas bangunan 54 meter persegi dan biasanya ada angka lain dibelakangnya. Sebagai contoh rumah tipe 54/70 itu maksudnya rumah tersebut punya bangunan 54 m2 dan luas tanah mencapai 70 m2.

Kebutuhan Lahan Rumah Type 54

Rumah ini memiliki ukuran bangunan yang relatif kecil sehingga rumah ini membutuhkan lahan yang  juga relatif kecil. Rumah type 54 ideal dibangun pada lahan seluas 1,2 are sampai 1,5 are.

Rumah type 54 ini dapat dibangun dengan ideal pada lahan yang berukuran 8 x 15 meter (120 m2). Dengan demikian bangunan bisa mempunyai lebar 8 meter dengan panjang sekitar 6-7 meter. Bagian depan  akan disediakan untuk halaman dan teras sedangkan pada  bagian belakang disisakan untuk jendela dan juga ventilasi  supaya semua ruangan mendapatkan ventilasi udara.

Nah kalau sudah tahu artinya berarti Anda sekarang sudah tida perlu bingung lagi kalau menemui iklan atau brosur yang memberikan penjelasan mengenai kontrak atau jual rumah dengan tipe 54, 24, 70 dan lain sebagainya. Tapi yang tidak kalah penting adalah harga dari rumah tipe 54 tersebut. Di Indonesia harga rumah tipe 54 berbeda-beda setiap daerahnya. Misalnya rumah tipe 54 di daerah kota-kota besar pasti memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan daerah lain.

Harga  Rumah Type 54

Dengan menghilangkan harga lahan maka Anda bisa mendapatkan rumah type 54 ini dengan harga yang cukup terjangkau. Anda pun bisa menerapkan finishing yang standar saja. Finishing standar misalnya saja lantai dengan keramik yang berukuran 30×30 cm, tembok finishing cat, sanitary setara toto dll.

Apabila mengacu pada harga rumah per meter persegi sebesar 2,5 juta per meter persegi (sudah termasuk cat tembok dan juga keramik dengan desain minimalis), maka harga pokok bangunannya mulai dari 135 juta rupiah dan itu belum termasuk harga lahan.

Untuk harga Rumah type 54/120 di kota besar seperti Bekasi, Tanggerang, Denpasar, Lampung dll termasuk harga lahan berkisar antara 250 hingga 500 juta rupiah. Perlu diingat memang ada banyak sekali faktor yang menentukan harga rumah type 54 ini selain lokasi dan ketersediaan akses jalan.

Baca Juga : Denah Rumah Type 45

Demikian tadi informasi yang sudah saya sampaikan mengenai penjelasan dari rumah tipe 54 tersebut beserta kisaran harganya dipasaran. Semoga  bermanfaat bagi Anda yang kini sedang ingin membeli rumah.

Leave a Comment