Harga Rumah Tipe 36 Terbaru 2019 Beserta Penjelasannya

Rumah Type 36 – Kalau anda ingin membeli rumah murah nyaman hunian bisa memilih rumah tipe 36, dikatakan murah karena ukuran dari rumah ini tidak begitu besar dan juga tidak begitu mewah. Untuk dapat menghitung berapa harga dari rumah tipe 36 bisa melalui metode sistem meter persegi bangunan lalu dikalikan dengan harga per m2. Selain itu bisa juga memperkirakan harga dari item pekerjaan kemudian di hitung secara keseluruhan.

Rumah tipe 36 ini merupakan rumah standar yang sering digunakan oleh pengembang dalam membangun perumahan sehingga jangan heran kalau sering dijualbelikan. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang bagaimana cara perhitungan harga rumah tipe 36 dengan sistem m2. Namun sebelum membahas soal harga, saya akan membahas kebutuhan lahan rumah type 36 terlebih dahulu.  Mari simak ulasan berikut ini.

Kebutuhan Lahan Rumah Type 36

Karena memiliki ukuran bangunan yang lumayan kecil, maka kebutuhan lahan untuk rumah type ini juga tergolong kecil. Rumah type 36 ini juga masih ideal jika dibangun pada lahan dengan luas kurang dari 1 are atau 100 meter persegi.

Rumah type 36 dapat dibangun dengan ideal pada lahan yang berukuran 6 x 12 meter (72 m2). Maka dengan demikian  bangunan bisa mempunyai  lebar sekitar 6 meter dengan panjang 6 meter. Bagian depan akan disisakan untuk halaman sedangkann bagian belakang disisakan untuk jendela dan ventilasi supaya semua ruang mendapat ventilasi udara.

Denah Rumah Type 36

Pada denah rumah type 36 ini mungkin tidak banyak ruang yang bisa Anda dapatkan dan ukuran ruangan pun juga tidak terlalu besar. Anda hanya bisa mendapatkan 2 kamar tidur dengan ukuran 3×3 meter, 1 toilet, 1 ruang keluarga yang akan digabungkan dengan dapur dan 1 garase terbuka. Konfigurasi ruangan pada rumah type 36 ini harus mengurangi dinding pemisah supaya bisa mendapatkan ruangan yang terasa lebih lega.

gambar denah rumah type 36

 

Rumah type 36 umumnya akan dibuat 1 lantai saja karena sudah sangat kecil. Tetapi disamping itu, rumah type  ini memiliki banyak keunggulan yaitu harga yang lebih terjangkau serta sangat mudah dirawat dan dibersihkan. Rumah ini akan sangat cocok untuk Anda yang bergaya hidup minimalis dengan rutinitas yang cukup tinggi di luar rumah.

Harga Rumah Type 36

Berbicara soal harga, jika misalnya rumah tipe 36 ini memiliki luas bangunan 36 m2 dengan harga NJOP sekarang adalah Rp 1,5 juta per m2. Sedangkan untuk luas tanah mencapai 60 m2 dengan harga NJOP Rp 500 ribu maka bisa dihitung :

Jumlah harga tanah = Rp.500.000,00 x 60 m2 = Rp.30.000.000,00
Jumlah harga bangunan = Rp.1.500.000,00 x 36 m2 =Rp.54.000.000,00

Jika ditotal harga rumah tipe 36 tersebut setelah dihitung dari total harga tanah dan bangunan mencapai R 84 juta. Cara menghitung harga diatas juga berlaku untuk rumah tipe 36 dengan luas tanah tertentu, itulah kurang lebih cara mudah menghitung harga rumah tipe 36 yang mungkin bisa bermanfaat buat anda semua.

Sedangkan untuk cara menentukan harga rumah tipe 36 dengan sistem analisa harga satuan lebih sulit karena dibutuhkan kesabaran, ketelitian dan waktu yang lebih lama. Namun perhitungannya akan jauh lebih teliti jika dibandingkan dengan metode perhitungan seperti cara diatas.

Baca Juga : Harga Rumah Tipe 21

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang cara menghitung rumah tipe 36 dan semoga ulasan yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat untuk Anda semua atau setidaknya bisa lebih  sedikit membantu Anda untuk menentukan harga dari rumah tipe 36 yang ingin anda beli. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment