Cara Menghitung Berat Besi Pakai Rumus Paling Mudah

Cara Menghitung Berat Besi Beton – Dalam setiap pembangunan pasti dibutuhkan yang namanya besi entah itu untuk pengecoran, pembuatan tulangan, pondasi dan lain sebagainya. Besi beton sendiri merupakan salah satu material untuk struktur pembuatan setiap bangunan dan biasanya memiliki berat yang berbeda-beda tergantung dari ukuran besi tersebut.

Nah untuk itulah di kesempatan kali ini akan saya berikan informasi mengenai menghitung berat besi beton dengan rumus yang paling mudah. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali merek besi yang bisa anda pilih misalnya KS, Perwira, Hanis dan masih banyak lagi. Sebelum membahas mengenai cara menghitung berat besi beton, saya akan membahas terlebih dahulu mengenai kelebihan besi beton.

besi beton

Keuntungan Besi Beton

Sama seperti dengan bahan material pada umumnya, besi beton ini memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan material lainya. Berikut ini adalah keuntungan menggunakan besi beton yang perlu Anda ketahui:

  1. Besi beton merupakan salah satu material yang tahan terhadap api dan air. Besi beton tidak akan berkarat apabila terpapar air dalam jangka waktu lama. Namun jika terbakar pun kerusakan hanya akan terjadi pada permukaan beton.
  2. Struktur besi beton akan lebih kokoh dan daya tekannya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan material kosntruksi lainnya.
  3. Mengingat besi beton sifatnya elastis, maka material yang satu ini dapat dibentuk menjadi kolom, atap kubah, pelat, dan balok sesuai dengan kebutuhan.
  4. Dalam jangka waktu yang panjang besi beton tidak akan mengalami kehilangan daya untuk menahan beban. Ini bisa terjadi karena adanya proses pemadatan semen yang akan semakin mengeras seiring dengan berjalannya waktu.
  5. Pembuatan besi beton juga sangat terjangkau karena materi-materi yang digunakan seperti kerikil, air, tulangan baja, pasir dan semen bisa Anda peroleh dengan mudah di mana saja. Selain itu, besi beton juga tidak membutuhkan perawatan secara khusus.
  6. Pembuatan dan pemasangan konstruksi besi beton tidak membutuhkan keahlian khusus, sehingga akan lebih menghemat biaya yang akan dikeluarkan untuk membayar pekerja.
  7. Besi beton juga lebih hemat biaya jika dimanfaatkan sebagai dinding ruang bawah tanah, tumpuan jembatan, pondasi tapak, dll.

Nah untuk pembahasan selanjutnya  langsung saja saya akan menjelaskan bagaimana cara mengitung besi beton tanpa bantuan tabel. Cara yang satu ini akan sangat berguna ketika Anda memang tidak sengaja lupa membawa tabel sehingga diperlukan aternatif lain untuk menghitung berapa luas dari ukuran besi beton tersebut.

Baca Juga : Harga Besi Beton Terbaru

Cara menghitung ukuran besi beton yang saya berikan ini berupa rumus yang terbilang akurat jika Anda benar dalam menghitungnya. Nah untuk mengetahui bagaimana caranya anda bisa melihat sketsa rumus yang saya berikan dibawah ini.

Sebagai contoh misalnya menghitung besi dengan diameter D22. Dari Tabel berat jenis diameter ini adalah 2,985 kg/m

Dengan rumus > Berat = 0,006165 x D x D x P = 0,006165 x 22 x 22 x 12 = 35,81 kg

Dengan tabel > Berat = BJ x P = 2,985 x 12 = 35,82 kg

Itulah info bangunan yang dapat saya sampaikan mengenai cara menghitung ukuran besi beton dengan menggunakan tabel. Sebenarnya untuk mempermudah penghitungan anda cukup menghafal angka koefisiennya saja sehingga tidak perlu berat jenis semua diameter. Keuntungan cara menghitung menggunakan rumus diatas adalah bisa mempersingkat waktu ketika kita lupa tidak membawa tabel, namun kelemahanya adalah rumus tersebut hanya bisa digunakan untuk mengukur dalam skala kecil saja.

Leave a Comment