Cara Membuat Menara Toren Air Yang Benar Dan Estimasi Biaya

Tower Tandon Air – Di zaman yang serba instan seperti sekarang tentu masyarakat ingin sesuatu yang lebih mudah dan cepat termasuk dalam penyimpanan air. Jika dulu orang banyak yang memakai bak terbuka dengan cor untuk tempat mengisi air atau bahkan menggunakan air dari mesin pompa langsung namun kini sudah banyak yang memilih untuk menggunakan tandon atau tangki air.

Dengan memakai tandon air tersebut kita bisa menyimpan air lebih mudah dan dapat digunakan kapanpun. Namun untuk bisa mengalir ke kran dengan baik kita harus menaruh tandon air di tempat yang lebih tinggi.

Sebelum hendak memasang toren atau tangki air di rumah, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan yaitu :

1. Tempat untuk peletakkan tangki :

  • Tower yang terbuat dari kerangka besi (tidak mempunyai celah pada alas dudukan tangki).
  • Tower yang terbuat dari beton bertulang
  • Dak dari beton bertulang
  • Lantai dasar dibuat dari beton bertulang atau pasangan batu bata

2. Pondasi untuk alas tangki ini harus bersih, datar, rapat dan rata (usahakan diatur dengan waterpass)

3. Tempat yang dipakai untuk membuat pondasi harus dalam kondisi yang padat dan stabil

4. Lebar pondasi sebaiknya lebih besar dibandingkan dengan diameter tangki

5. Usahakan untuk tidak menempatkan toren air di atas instalasi pipa atau kabel tertimbun (untuk memudahkan jika suatu saat pipa atau kabel tersebut akan diservis atau perawatan secara rutin)

6. Tempat yang akan Anda pasangi toren harus terbebas dari lalu lintas atau mobilitas sehingga seluruh peralatan yang berhubungan dengan tangki nantinya akan aman dari gangguan.

7. Jangan samapi memasang toren air di atas struktur bawah tanah seperti gudang, saluran limbah, dan lainnya

8. Pilihlah toren air yang berkuaitas dan ketahanan tinggi sehingga akan terhindar dari segala resiko seperti pecah atau rusak..

Cara Membuat Menara Tandon Air :

Ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu yang pertama dengan menaruh di lantai atas jika rumah anda bertingkat, sedangkan cara yang kedua yaitu membangun sebuah menara khusus tandon air.

Spesifikasi Bahan Baku Menara Toren Air :

  • Tiang menara toren menggunakan besi siku minimal 50 X 50 mm
  • Tebal Tiang besi siku 5 mm
  • Jaro palang tiang bisa menggunakan besi siku 40 X 40 mm

Menara tandon air atau toren air ini banyak yang menggunakan bahan besi dengan dirancang khusus supaya mampu menahan beban banyak air. Semakin besar tandon air yang Anda miliki maka semakin besar pula ukuran dari menara tersebut. Nah, yang paling penting dalam pembuatan menara tandon air adalah memilih jasa pemasangan yang tepat dan sudah berpengalaman.

Baca juga : Harga Toren Air Semua Merk Terbaru

Tidak ada salahnya kalau Anda mencari banyak informasi mengenai harga pemasangan dan pembuatan menara air tandon dengan 4 kaki. Nah yang tidak kalah penting yaitu lokasi dari pembuatan menara itu sendiri, saya sarankan lebih baik pasang di area yang cukup terbuka seperti samping rumah atau bisa juga di belakang rumah.

Leave a Comment