Cara Menghitung Atap Baja Ringan Yang Benar

Cara Menghitung Volume Atap – Bagi Anda yang saat ini sedang melakukan pembangunan sebuah rumah atau gedung maupun perkantoran dengan menggunakan atap rangka baja ringan lebih baik perhatikan pula luas dari atap tersebut.

Menghitung luas atap bangunan untuk rangka atap baja ringan sebenarnya tidak terlalu sulit namun juga tidak begitu mudah. Namun Anda memang diharuskan tahu cara menghitungnya supaya mudah menentukan dalam menentukan pengeluaran.

Dulunya orang Indonesia lebih memilih untuk menggunakan atap rangka dari kayu, namun karena sekarang sudah sangat sulit dilakukan dan bahkan bahannya semakin jarang ada maka kayu sudah mulai ditinggalkan. Apalagi rangka kayu punya beberapa kekurangan seperti misalnya mudah lapuk, bisa cepat rusak jika dimakan rayap, cepat lapuk apabila terkena air dan masih banyak lagi. Nah pada  kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai tata cara bagaimana menghitung luas atap yang dibutuhkan. Namun sebelum itu, saya akan membahas terlebih dahulu mengenai kelebihan atap baja ringan.

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan rangka atap baja ringan sekarang ini sudah semakin populer digunakan oleh masyarakat Indonesia karena punya banyak sekali kelebihan yaitu lebih awet, tahan lama dan anti rayap. Namun selain itu, masih ada banyak sekali kelebihan atap baja ringan lainnya. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan selengkapnya mengenai kelebihan atap baja ringan berikut ini.

Kelebihan Atap Baja Ringan

Penggunaan rangka atap baja ringan memiliki banyak keuntungan jika dibandingkan dengan rangkat atap kayu ataupun rangka atap baja konvensional. Beberapa keuntungan tersebut adalah sebagai berikut :
1. Material atap baja ringan mempunyai kekuatan yang lebih tinggi namun memiliki bobot yang ringan sehingga akan menghemat struktur bangunan.
2. Lebih tahan karat dan tidak membutuhkan finishing cat lagi.
3. Mutu materialnya tidak berubah-ubah sehingga tidak akan lapuk karena usia lanjut.
4. Material baja ringan tidak akan terpegaruh terhadap serangan rayap.
5. Material baja ringan ini merupakan material yang sangat ramah lingkungan.
6. Mudah dalam pemasangannya dan jauh lebih cepat, dapat dipabrikasi terlebih dahulu kemudian dipasang di lokasi.

Dalam penawaran, rangka atap baja ringan umumnya akan dihitung dalam satuan m2. Untuk dapat menghitung volume rangka atap baja ringan maka bisa digunakan rumus sebagai berikut :

Rumus yang harus Anda ketahui :

Sebagai contoh, seumpama ukuran bangunan rumah Anda 10 x 10 meter tambah overstek setiap ke 4 sisi bangunan 1 meter, dengan derajat kemiringan 35 derajat, maka hasil dari perhitungan volume rangka atap baja ringan adalah :

  • Panjang bangunan   = 10+1+1            = 12 meter
  • Lebar bangunan      = 10+1+1             = 12 meter
  • Derajat kemiringan = cos 35               = 0,819
  • Volume                    = 12 x 12 : 0,819 = 175,8 meter²

Baca juga : Harga Kanopi Baja Ringan

Sangat sekali mudah bukan? jadi cara simple menghitung luasan volume atap baja ringan menggunakan Rumus ini memang akan sangat membantu untuk mengestimasi kebutuhan material dan juga harga per meter persegi rangka atap baja ringan sesuai dengan budget Anda.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang cara menghitung atap baja ringan yang benar. Semoga informasi yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini dapat memberikan manfaat untuk Anda semua atau setidaknya dapat menambah wawasan Anda.  Terima kasih sudah mengunjungi website kami.

Leave a Comment