Harga Borongan Rumah Per Meter Di Jakarta Tahun 2019

Harga Borongan Bangunan Per Meter – Setiap membangun rumah tidak hanya membutuhkan bahan materialnya saja namun juga harus ada yang namanya tukang dan juga kuli atau kontraktor. Jika anda ingin memiliki rumah dengan hasil yang memuaskan maka setidaknya juga harus bisa memilih tenaga borongan bangun rumah yang bagus juga. Itulah sebabnya dalam memilih kontraktor tidak boleh dilakukan sembarangan.

Menghitung besaran biaya dari borongan tersebut bisa ditentukan dari rencana anggaran biaya RAB dan setiap daerah biayanya juga berbeda-beda misalnya antara Jakarta dengan Bandung tentu tidak sama. Menghitung biaya borongan biasanya dalam satuan m2 luas angunan atau bisa juga menghitung dengan cara mencari volume dari masing-masing pekerjaan kemudian dikalikan analisa harga satuan.

Untuk biaya harga borongan rumah per m2 di Jakarta kita bisa menentukan upah borongan itu sendiri. Nah yang tidak kalah pentingnya adalah kita juga harus menyediakan stok dari bahan bangunan dalam jumlah banyak agar nantinya tidak kekurangan, karena jika sampai kurang maka kita sendiri yang rugi mengingat kini tukang tersebut banyak yang menganggur.

Harga borongan bangunan Per M2

• Harga borongan upah tenaga dan Bahan bangunan +/- Rp.3.000.000,00
• Harga borong upah per m2 +/- Rp.500.000,00

Harga diatas masih bisa berubah sewaktu-waktu namun tentu akan terus mengalami kenaikan.

Sebagai contoh misalnya jika anda akan membuat rumah satu lantai ukuran 6 m x 10 m maka luasnya adalah 60 m2 dan biaya borong rumah 60 m2 x Rp.3.000.000,00 = Rp.180.000.000.

Baca Juga : Harga Upah Borongan Bangunan

Perbandingan Sistem Borongan Dan Sistem Harian

Terdapat dua macam upah yang biasa diterapkan untuk membayar tukang, yakni sistem borongan dan harian. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, untuk lebih jelasnya mari simak ulasan berikut ini :

1. Sistem Borongan

  • Mempunyai dua pola, yaitu borongan upah dan juga upah secara keseluruhan. Pada upah tenaga, Anda hanya perlu untuk membayar upah tukang dan semua material yang dibutuhkan harus Anda persiapkan sendiri. Jika dilihat dari segi harga, biaya untuk borongan upah tenaga lebih murah daripada borongan utuh.
  • Besar biaya upah tergantung dari luas bangunan.
  • Pekerjaan tukang borongan harus selalu diawasi agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan Anda

2. Sistem Harian

  • Tukang harus bekerja terus sehingga tidak ada waktu untuk menganggur.
  • Anda bisa langsung menghentikan tukang jika pekerjaannya selama dua hari tidak memuaskan.
  • Pekerjaan tukang harian juga harus diawasi supaya mereka tidak mempunyai kesempatan menganggur yang akan berdampak pada lamanya pengerjaan proyek dan membuat upah yang mereka terima meningkat.
  • Sangat cocok sekali untuk renovasi mengecat, memasang keramik lantai ataupun mengganti letak pintu.

Itulah sedikit informasi mengenai daftar harga borongan rumah di Jakarta, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang ingin membangun rumah. Penting untuk Anda ingat bahwa dalam memilih tukang borongan bangunan pastikan yang bisa dipercaya dan berpengalaman agar hasilnya nanti bisa sesuai dengan keinginan Anda.

Leave a Comment