Biaya Pembuatan Kolam Renang Minimalis Modern

Biaya Membuat Kolam Renang Pribadi – Untuk anda yang memiliki rumah dengan lahan cukup luas tidak ada salahnya kalau mencoba membangun kolam renang minimalis untuk sekedar bersantai atau melepas penat setelah lelah bekerja. Selain itu dengan adanya kolam renang rumah juga terlihat semakin mewah dan tentu saja memiliki nilai seni yang tinggi.

Nah, jika Anda ingin membangun sebuah kolam renang minimalis maka penting untuk diketahui mengenai apa saja faktor yang dapat mempengaruhi biaya pembuatan kolam renang. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan berikut ini.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Pembuatan Kolam Renang

  1. Lokasi Pembuatan

Pihak kontraktor biasanya akan memasukan akses lokasi pembangunan kolam renang sebagai salah satu item biaya yang akan dibebankan pada Anda. Alasannya adalah karena akses lokasi tertentu yang bisa menyulitkan para pekerja kontraktor yang akan berdampak pada biaya akomodasi.

  1. Set Mesin Pompa Kolam Renang Dan Filter-nya

Pengadaan mesin pompa dan filternya juga sangat berpengaruh terhadap biaya pembuatan kolam renang minimalis. Masing-masing merek dan juga perlengkapannya tentu mempunyai standar harga dan kualitas tersendiri. Beberapa merek pompa kolam renang yang sudah banyak beredar di pasaran yaitu Hayward, Astral, Starite, dan Pentair.

  1. Tipe Sirkulasi Air Kolam

Ada beberapa tipe sirkulasi air kolam yang dapat Anda pilih. Masing-masing tipe sirkulasi mempunyai banderol biaya pengerjaan yang berbeda-beda, jika dilihat dari kompleksits kesulitannya. Adapun macam-macamnya adalah sebagai berikut ini :

  • Sistem sirkulasi full overflow :

Cara kerja sistem ini adalah dengan membuat air kolam tumpah dari setiap bagian bibir kolam. Tumpah air itu kemudian masuk ke gutter (saluran yang akan menampung limpahan air kolam) sebagai penampung tumpahan air yang kemudian disalurkan ke tank penyeimbang (balancing tank).

  • Sistem sirkulasi semi overflow

Sistem semi overflow bekerja dengan mengkondisikan supaya air kolam renang tumpah di luar kolam tetapi hanya di bagian tertentu. Sistem ini mensyaratkan sarana tambahan yakni gutter, balancing tank, ruang mesin dan beberapa kita yang lainnya.

  • Sistem sirkulasi skimmer

Sistem kerja sirkulasi ini adalah dengan membuat air kolam renang tidak akan terlihat tumpah. Upaya ini dilakukan dengan cara membangun dinding kolam yang lebih tinggi dai permukaan air.

Apabila Anda sudah mengetahui faktor yang mempengaruhi biaya pembuatan kolam renang. Maka selanjutnya saya akan menjelaskan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membangun sebuah kolam renang yaitu pemilihan keramik untuk lantainya. Ada dua jenis keramik yang banyak digunakan yaitu keramik standar dan keramik mozaik, Anda bisa memilih mana yang sesuai selera. Selain itu pertimbangkan juga warna keramik pada kolam renang tersebut apakah anda ingin yang berwarna atau hanya polos, biasanya untuk memberikan kesan lebih menarik banyak orang memilih warna keramik sesuai dengan warna air yaitu biru muda. Dengan begitu suasana pun juga terlihat semakin menyenangkan dibandingkan memilih warna keramik gelap.

Yang tidak kalah penting hitung biaya membuat kolam renang minimalis tersebut, semakin besar ukurannya maka semakin tinggi pula biaya yang harus Anda keluarkan. Tidak hanya membuat tempat untuk airnya saja namun Anda juga harus membutuhkan yang namanya mesin pompa untuk menyedot atau menguras air ketika sudah mulai kotor.

Untuk biaya pembuatan kolam renang minimalis ukuran anak-anak dengan budget Rp 10 juta sepertinya sudah cukup, namun jika ingin tampilan yang lebih modern lagi bisa membutuhkan biaya Rp 50 juta sampai Rp 100 juta tergantung ukuran dan juga keindahan dari kolam tersebut.

Baca Juga : Denah Rumah Type 90

Selain itu jaga kondisi kebersihan air itu sendiri, banyak orang yang menggunakan kaporit untuk menjaga kualitas air supaya tetap jernih, namun sebaiknya gunakan dalam ukuran yang sesuai dan jangan terlalu banyak karena cukup bahaya bagi tubuh.

Leave a Comment