Categories
Rumah

Tips Penggunaan Selimut Api dan Pintu Api

Untuk mencegah adanya kebakaran dan meminimalisir kemungkinan terburuk, ada beberapa perlengkapan yang perlu kita ketahui dan gunakan. Seperti selimut api dan pintu api. Berikut akan kami jelaskan secara singkat keduanya.

Selimut Api

Berhati-hatilah dengan minyak panas karena dapat dengan mudah terbakar. Selimut api adalah cara teraman untuk memadamkan api unggun, tetapi Anda juga bisa menggunakan handuk teh basah. Sebagian besar selimut modern terbuat dari kaca tenun dan beberapa dilapisi untuk memastikan minyak dan lemak tidak bisa menembus.

Matikan sumber panas, pegang selimut sehingga tangan Anda terlindung di belakangnya, lalu gulirkan di atas wajan. Api akan segera disiram, tetapi Anda tidak boleh melepas selimut setidaknya selama 30 menit sehingga panas punya waktu untuk mereda.

Pasang selimut api Anda di dekat kompor, tetapi tidak di atas.

Jangan pernah mengambil wajan yang menyala-nyala dan membawanya ke luar, karena nyala api apa pun yang meledak dapat membuat Anda menjatuhkan wajan – dan Anda bisa terbakar.

Jika Anda mengalami api unggun besar yang tidak terkendali, hal paling aman untuk dilakukan adalah keluar, tetap keluar dan hubungi 999

  • Jangan pernah membuang air di atasnya
  • Matikan api jika memungkinkan
  • Jangan pindahkan panci

Pintu Api

Pintu api dirancang khusus untuk mengurangi laju penyebaran api melalui bangunan, memberikan waktu berharga bagi Anda dan keluarga untuk melarikan diri dengan aman.

Mereka memiliki strip intumescent di sekitar tepi pintu yang tertidur selama penggunaan sehari-hari. Namun, ketika pintu api bersentuhan dengan panas yang ekstrem, pintu-pintu api itu berkembang dengan sangat cepat, menutup celah antara pintu dan kusen pintu, menciptakan penghalang terhadap api.

Baca juga artikel ini: gorden minimalis

Pintu api tidak selalu terlihat polos. Ada pilihan gaya untuk dipilih dalam berbagai warna, ketebalan dan sentuhan akhir.

Saat memasang pintu api, ingatlah itu hanya dapat dipangkas dengan jumlah yang diizinkan pada instruksi pemasangan pabrik, jadi hati-hati periksa ukuran pintu terhadap pembukaan Anda sebelum Anda membeli.

Jika Anda sedang merenovasi rumah atau menambahkan ekstensi, Anda disarankan menggunakan pintu api untuk ruangan mana pun yang kemungkinan besar kebakaran akan dimulai. Tempat-tempat yang mungkin termasuk dapur, kamar dengan perapian atau ruangan yang berisi barang-barang listrik atau mudah terbakar. Namun, peraturan bangunan bisa rumit, dapat berubah dan bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Karena itu, kami tidak dapat memberi saran tentang masalah ini tetapi Anda disarankan untuk merujuk pada peraturan bangunan untuk penggunaan dan persyaratan pintu kebakaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *