Cara Menghitung Rangka Atap Baja Ringan Dengan Tepat

Wednesday, May 17th, 2017 - Kumpulan Cara

Rangka Atap Baja Ringan – Banyak yang tidak tahu mengenai bagaimana cara menghitung luas rangka atap baja ringan, memang menghitung dari luas atap untuk kemudian nantinya di pasang rangka baja ringan tidaklah mudah karena dibutuhkan sebuah ketepatan dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukannya seperti tukang bangunan atau kontraktor.

Namun sebenarnya Anda juga bisa melakukannya sendiri dengan cara yang sangat mudah yaitu memanfaatkan rumus, cara menghitung rangka atap baja ringan bisa dikatakan tidak terlalu mudah namun tak juga tidak terlalu sulit, mungkin bagi orang yang sudah berpengalaman tidak ada masalah sama sekali dalam melakukan penghitungan tersebut.

Namun bagi kita yang masih awal atau bahkan baru kali ini mencoba tentu ada sedikit masalah dan mungkin bisa saja tidak akurat saat melakukan penghitungan luas rangka atap baja ringan.

Sedikit informasi mengenai keunggulan dari rangka atap baja ringan adalah proses pemasangan lebih cepat, tahan lama, tidak mudah Lapuk, tidak dimakan rayap, ringan dan masih banyak lagi.

Itulah sebabnya sekarang banyak masyarakat yang mencoba menggunakan rangka jenis ini dibandingkan dengan atap rangka kayu yang sudah lebih dulu populer. Kekurangan dari rangka atap kayu adalah hanya bisa bertahan berapa puluh tahun saja itupun jika tidak diserang oleh hewan rayap.

Baca juga : Harga Kanopi Minimalis Per Meter Terbaru

Nah untuk Anda yang ingin mencoba menghitung luas rangka atap baja ringan berikut saya berikan ulasan lengkapnya dan semoga bisa membantu Anda apa setidaknya dapat mencari pengetahuan :

Rumus

Sebagai contoh, seumpama ukuran bangunan rumah anda 10 x 10 meter tambah overstek setiap ke 4 sisi bangunan 1 meter, dengan derajat kemiringan 35 derajat, maka hasil dari perhitungan volume rangka atap baja ringan adalah :

  • Panjang bangunan   = 10+1+1             = 12 meter
  • Lebar bangunan       = 10+1+1             = 12 meter
  • Derajat kemiringan  = cos 35               = 0,819
  • Volume                      = 12 x 12 : 0,819 = 175,8 meter²

Nah jadi hasilnya bisa diketahui sudah, luas rangka atap baja ringan bangunan rumah anda adalah : 175,8 meter²

Itulah tadi informasi mengenai cara mudah menghitung luas rangka atap baja ringan dengan menggunakan bantuan rumus, perlu dicatat ketika memasukkan angka-angka ke dalam rumus tersebut maka harus benar sehingga hasilnya lebih akurat.

Nah kalau anda mengalami kesulitan tidak ada salahnya kalau bertanya orang yang sudah ahli seperti Insinyur atau kontraktor. Semoga bermanfaat.

Source:

rangka atap rumah pake baja ringan

Cara Menghitung Rangka Atap Baja Ringan Dengan Tepat | upharga | 4.5